Rabu, 01 Agustus 2007

Kembali bersyukur


Something to share, take a moment to read....it should make you smile asdeep in your heart you know that is how we should live our life.
Aku tak selalu mendapatkan apa yang kusukai, oleh karena itu aku selalumenyukai apa pun yang kudapatkan.Kata - kata di atas merupakan wujud syukur.
Syukur merupakan kualitashati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputirasa damai, tenteram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukurakan senantiasa membebani kita.Kita akan selalu merasa kurang dan takbahagia....
Ada dua hal yang sering membuat kita tak bersyukur.
Pertama :Kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apayang kita miliki. Anda telah memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaantetap, dan pasangan yang terbaik. Tetapi anda masih merasa kurang.Pikiran anda dipenuhi berbagai target dan keinginan. Anda begituterobsesi oleh rumah yang besar dan indah, mobil mewah, serta pekerjaanyang mendatangkan lebih banyak uang. Kita ingin ini dan itu.
Bila takmendapatkannya kita terus memikirkannya.....Tapi anehnya, ketika keinginan itu sudah didapatkan,kita hanya menikmatikesenangan sesaat. Kita tetap tidak puas, kita ingin yang lebih lagi.Jadi betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi"KAYA" dalam arti yang sesungguhnya. Orang yang "kaya" bukanlah orangyang memiliki banyak hal, tetapi orang kaya adalah orang yang dapatmenikmati apapun yang mereka miliki.
Tentunya boleh -boleh saja kitamemiliki keinginan, tapi kita perlu menyadari bahwa berbagai keinginaninilah yang menjadi akar perasaan tidak tenteram. Kita dapat mengubahperasaan kurang berkecukupan ini dengan berfokus pada apa yang sudahkita miliki.Cobalah lihat keadaan di sekeliling Anda, pikirkan yang Anda miliki, dansyukurilah. Anda akan merasakan nikmatnya hidup. Pusatkanlah perhatianAnda pada sifat - sifat baik atasan, pasangan, maupun orang - orang disekitar Anda. Mereka akan menjadi lebih menyenangkan.
Seorang pengarangpernah mengatakan , " Menikahlah dengan orang yang Anda cintai, setelahitu cintailah orang yang Anda nikahi. " Ini perwujudan rasa syukur.Ada cerita menarik mengenai seorang kakek yang mengeluh karena tak dapatmembeli sepatu, padahal sepatunya sudah lama rusak. Ini sebenarnya suatukeinginan yang wajar. Suatu sore ia melihat seseorang yang tak mempunyaikaki, tetapi tetap ceria. Saat itu juga si kakek berhenti mengeluh danmulai bersyukur.
Hal kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalahkecenderungan membanding - bandingkan diri kita dengan orang lain. Kitamerasa orang lain lebih beruntung. Kemana pun kita pergi, selalu adaorang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri,dan lebih kaya dari kita.Saya ingat , pertama kali bekerja saya senantiasa membandingkanpenghasilan saya dengan rekan - rekan semasa kuliah. Perasaan inimembuat saya resah dan gelisah. Sebagai mantan mahasiswa teladan dikampus, saya merasa gelisah setiap mengetahui ada kawan satu angkatanyang memperoleh penghasilan di atas saya.
Nyatanya, selalu saja adakawan yang penghasilannya melebihi saya. Saya menjadi gemar bergonta -ganti pekerjaan, hanya agar tidak kalah dengan rekan - rekan saya. Sayabahkan tak peduli dengan jenis pekerjaannya, yang penting gajinya lebihbesar. Sampai akhirnya saya sadar bahwa hal ini tak akan pernah adahabisnya. Saya berubah dan mulai mensyukuri apa yang saya dapatkan. Kini saya sangat menikmatipekerjaan saya.Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput dipekarangan sendiri. Ada cerita menarik mengenai dua pasien rumah sakitjiwa. Pasien pertama sedang duduk termenung sambil menggumam, "Lulu,Lulu..." Seorang pengunjung yang keheranan menanyakan masalah yangdihadapi orang ini. Si dokter menjawab, "Orang ini jadi gila setelahcintanya ditolak oleh Lulu." Si pengunjung manggut -mangggut, tetapibegitu lewat sel lain ia terkejut melihat penghuninya terus menerusmemukulkan kepalanya di tembok dan berteriak , " Lulu, Lulu .., " "Orang ini juga punya masalah dengan Lulu ?" tanya pengunjung itukeheranan. Dokter kemudian menjawab, "Ya, dialah yang akhirnya menikahdengan Lulu.... ".Hidup kita akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kitamiliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.Saya ingin mengakhiri tulisan ini dengan cerita mengenai sorang ibu yangsedang terapung di laut karena kapalnya karam, namun tetap bahagia.Ketika ditanya kenapa demikian, ia menjawab, " Saya mempunyai dua anaklaki - laki. Yang pertama sudah meninggal, yang kedua hidup di seberanglautan ini. Kalau berhasil selamat, saya sangat bahagia karena dapatberjumpa dengan anak kedua saya.
Tetapi kalaupun mati tenggelam, sayajuga akan berbahagia karena saya akan berjumpa dengan anak pertama sayadi surga........"Bersyukurlah...Bersyukurlah bila kamu belum memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan.. Seandainya sudah, apalagi yang harus diinginkan?Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu tentang sesuatu Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar..Bersyukurlah untuk masa - masa yang sulit..Di masa itulah kamu tumbuh.....Bersyukurlah untuk keterbatasanmu... Karena itu memberimu kesempatanuntuk
berkembang..Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru ...Karena itu akan membangun kekuatan dan karaktermu ...Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat ...Itu memberi pelajaran yang berharga ...Mungkin mudah untuk kita bersyukur ketika mengalami hal - hal baik ...Namun, hidup yang berkelimpahan justru datang pada mereka yang tetapdapat bersyukur pada masa masa yang sulit ...Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif .. Karenaitu, temukan cara bersyukur ketika menghadapi permasalahan, maka semuaitu akan menjadi berkat bagimu ..
" There's No Fear in Love But Perfect Love Casts Out Fear"
"Happy moments; praise God, Difficult moments; seek God Quiet moments; worship God, Painful moment; trust God Every moment; thanks God"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting