Senin, 27 Agustus 2007

mengapa tukut di kritik


Saya medapat suatu email yang menarik, tentang caranya menghadapi kritik, dari seorang sahabat yang tidak pede dan terkadang terbawa emosi atas kritik yang diterimanya,
Menurut pendapat saya, wajar bila kita mendapat kritik dari seseorang, bila seseorang mengkritik saya, berarti orang tersebut peduli kepada kita dan menginginkan kita menjadi lebih baik. Kebiasan menulis saya pun berawal dari kritik yang saya dapat dari mba elisa korag (terimakasih ya mba) dulu saya hanyalah seorang penikmat tulisan inpirasi atau motivasi, dan saya menjadi orang yang hanya memforward email inspirator dari milist satu ke milist lainya.
Pada suatu saat saya mendapat kritik yang membangun dari mba Icha, pada awal mendapat kritik saya sempai merasa tidak nyaman. Tetapi secara tidak sengaja suatu hari terlintas lagi kritik dari mba icha, ternyata ada benarnya… dan dari seorang forwader, saya mencoba menulis walau mungkin tulisan saya tidak begitu menarik. Dan saya mendapat masukan yang membangun dari sebuah kritik.
Menurut pendapat saya yang kurang berilmu jika kita menerima kritik hal yang harus dilakukan adalah
1. Menerima dulu kritik yang masuk
Ya kita harus menerima dahulu, tentang apa nanti yang akan kita lakukan adalah hal selanjutnya yang harus kita lakukan
2. Mencoba mempertimbangkan kritik yang masuk
Setelah menerima dengan suasana hati yang lebih tenang kita mempertimbangkan apakah kritik itu benar dan sesuai dengan kondisi kita
3. Berkomunikasi dengan Pengkritik
Cobalah kita berkomunikasi dengan pengkritik, tentang kritik yang ditujukan ke kita, terkadang kita terlalu emosi dahulu bila menerima suatu kritik, dan kita bisa salah tafsir tentang kritikan tersebut. Dengan berkomunikasi kita tahu maksud dan tujuan dari perngkritik kepada kit. Perlu diingat cobalah bicara dengan ramah, tidak dengan keadaan emosi.
4. Ambilah tindakan dari kritik
Setelah maksud kritik itu jelas baru kita ambil tindakan kritik tersebut, bisa dengan kita terima kritik tersebut dengan merubah kekurangan kita atau kita tidak bertindak apa-apa karena kritik tersebut setelah kita pertimbangkan itu tidak benar.
Seseorang yang sukses selalu menerima kritik untuk perbaikan, Sering saya lihat dimana sesorang anti, bila di kritik.walau sebenarnya yang dikatakan pengkritik itu benar.
Bila kita sebagai orang yang mengkritik kita juga harus bisa melihat keadaan untuk memberi kritik agar tidak melukai perasaan orang . Orang yang tidak mau menerima kritik mungkin merasa dirinya yang paling benar. Dan kita akan menjadi orang yang sedikit egois jika kita marah bila dikritik orang.
Maka cobalah berfikir jernih ketika kita di kritik orang lain, dan cobalah berfikir jika kita dikritik, orang yang mengkritik kita adalah orang yang peduli pada kita dan menginginkan kita menjadi lebih baik. Kalau orang yang tidak peduli dengan kita mana mau seseorang memberikan kritik. Orang yang mengkritik kita adalah orang yang selalu memperhatikan kita, karena orang itu memperhatikan kita maka dia tahu sisi kekurangan kita dan menginginkan kita lebih baik.
Jadi kenapa takut dan marah ketika kita dikritik, karena kita sedang diperhatikan oleh orang tersebut. Seharusnya kita berterimakasih kepada orang tersebut telah mengkritik kita. Kalau dalam tulisan-tulisan saya ada yang tidak berkenan maka saya akan sangat senang bila para sahabat dapat memberi kritik dan saran dengan mengirim email ke erwinarianto@gmail.com atau dapat membri masukan pada blog saya di http://erwinarianto.blogspot.com.

“Manusia tidak bukan lah mahkluk sempurna, jadi perlu kritik dan saran untuk memperbaiki ketidaksempurnaan tersebut.”

“Manusia sukses adalah orang yang dapat menerima kritik dan memperbaiki kesalahanya, orang yang gagal sering merasa kesal & marah atas kritik untuk menutupi ketidak sempurnaanya”

Terilhami dari lingkungan kantor ku, para sahabat-sahabat milist, dan para pengunjung blog ku. Terimakasih atas saran dan kritiknya.


Dalam Perenungan malamku, Untuk menjadi manusia yang lebih baik
Depok 24 Agustus 2007, 20:30
Erwin Arianto
Terimakasih telah berkunjung ke Http://erwinarianto.blogspot.com
Salam Persahabatan…

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting