BAGAIMANA KEMAMPUAN KITA BERHUBUNGANDENGAN ORANG LAIN
Posisi apapun dalam organisasi memerlukan tingkat kemampuan yangberlainan.Bila kita amati, seorang sekretaris ataupun staf administrasi diperlukankemampuanteknis keadministrasian ataupun kesekretariatan yang baik. Tetapi bagiseorangpimpinan organisasi kemampuan teknis tersebut tidaklah benar-benar harus
mahir, dia dapat memberikan perintah kepada karyawannya untuk melakukanpekerjaan tersebut. Tetapi pimpinan mesti mempunyai kemampuan yangmumpunibagaimana mengambil sebuah keputusan yang taktis dan tepat bagiorganisasi,membawa kompas tujuan organisasi ke masa depan, bahkan memastikankeseimbangan kapal agar tidak karam. Bagi seorang sekretaris maupun staf
administrasi kemampuan tersebut tidaklah banyak diharapkan. Diibaratkansebuah segitiga, posisi keduanya saling berbalikan yang satu berada diataspuncak sedangkan yang lain berada di bawah puncak
Betapapun tinggi atau rendahnya jabatan kita di dalam organisasi atapunperusahaan siapa yang perduli ketika dihadapkan kepada tuntutankemampuandi dalam membangun hubungan dengan orang lain. Mengapa demikian ?kemampuan berhubungan adalah salah satu kunci pembuka keberhasilan kitadi dunia pekerjaan. Tiada salah, pembeli pasti memerlukan penjual maupun
sebaliknya. Keduanya membutuhkan kemampuan berhubungan satu sama lain.Keberhasilan yang hakiki tak mudah diperoleh bila kemampuan berhubunganbaik dengan orang lain tidak kita miliki meskipun kemampuan-kemampuanlainnya kita kuasai dengan sangat baik.
"Banyak orang yang tahu mengapa hanya sedikit orang yang bisamengerjakan apa yang mereka tahu. Anda harus melakukan sesuatu dantidak cukup hanya dengan mengetahui sesuatu " (Erwin Arianto)
"Jangan takut meninggalkan orang yang hanya memanfaatkanmu. Teman yang tidak bermanfaat ketika kesempitaN melanda, lebih dekat jaraknyaketimbang orang yang engkau anggap sebagai musuh (Imam Syafei)
0 komentar:
Posting Komentar