Jumat, 20 Juli 2007

Tips cara Jitu Mempertahankan Daya Ingat

Tips cara Jitu Mempertahankan Daya Ingat
Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari adanya gangguan padadaya ingat kita hingga saat kita menyadarinya, biasanya keadaan itusudah berkembang dengan tingkat yang lumayan berat.
Namun tak perlu khawatir, para ahli setuju banyak diantara kita dapatmemelihara daya ingat saat usia bertambah dan lebih mudah ketika Andamenerapkan teori dalam praktek, itu lebih baik. Sehingga berhentilahmengkuatirkan sesuatu dan cobalah beberapa tips berikut ini untukmendapatkan daya ingat lebih baik.
1. Olah raga. Kegiatan fisik membuat jantung memompa dan ototbergerak-bahkan hanya dengan jalan kaki sehari-hari akan meningkatkansupply darah dan nutrisi ke otak.


2. Tidur yang cukup. Keletihan akan menggangu informasi yang telah kitasimpan, begitu juga kemampuan Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru.Tetapi tidur yang cukup di malam hari akan membantu daya ingat Andaberfungsi.

3. Hati-hati dengan suplemen. Banyak klaim dibuat tentang kehebatanvitamin C, E suplemen herbal ginkgo biloba untuk meningkatkan dayaingat, tetapi para ilmuwan tidak dengan suara bulat mengakui khasiatsuplemen tersebut. Alih-alih, dapatkan vitamin yang Anda perlukanmelalui cara makan yang sehat dan konsultasi ke ahli diet atau doktersebelum mencoba suplemen tersebut.

4. Mengontrol stress. Stres membuat Anda berpikir tidak jelas dan dapatmenggangu daya ingat yang baik. Sementara sumber stress mungkin diluarkontrol Anda, Anda dapat mengajari tubuh untuk merespon situasi secaraberbeda dengan latihan yoga atau therafi relaksasi.

5. Mengobati depresi. Jika Anda memiliki masalah daya ingat denganinsomnia dan merasa gelisah dan putus asa, Anda mungkin menderitadepresi. Ketika situasi ini diobati dengan efektif, daya ingat Andaseharusnya membaik.

6. Mengawasi pengobatan. Beberapa antidepressant, antihistamin danobat-obat darah tinggi dapat melemahkan daya ingat. Jika Anda menemukanmasalah ini, berbicaralah ke dokter Anda. Jangan pernah berhentimenerima resep obat tanpa nasehat medis.

7. Lakukan berulang. Katakan sesuatu dengan keras dan ulangi beberapakali akan membantu untuk mengingat.

8. Permainan. Untuk merangsang daya ingat cobalah untuk mencobapermainan seperti catur atau scrabble.

9. Terus belajar. Belajar bahasa baru, mengikuti kursus dan menghadiriperkuliahan adalah salah satu cara untuk mengasah daya ingat.

10. Belajar dengan angka. Mengingat nomor telepon, nomor kartu kreditatau passward adalah cara untuk tetap menumbuhkan daya ingat Anda.

11. Belajar konsentrasi. Duduk di dapur dan buatlah daftar dalam pikiranAnda tentang segala sesuatu yang ad di tempat tidur. Tujuan dari latihanini untuk membangun perhatian dan konsentrasi dengan memfokuskan padasekitarnya. Selamat mencoba!

See other Article on http://erwinarianto.blogspot.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting