Jumat, 07 September 2007

Bergunjing dan puasa


Dari Ubaid R.A dia berkata : “Dimana Rasulullah S.AW, beliau memerintahkan orang-orang berpuasa selama satu hari. Lalu mereka pun berpuasa salama satu hari. Saat itu ada dua orang wanita berpuasa dan mereka sangat menderita karena lapar dan dahaga pada sore hari. Kemudian kedua wanita itu mengutus sesorang menghadap Rasullah SAW, untuk meminta ijin bagi keduanya agar diperbolehkan menghentikan puasa mereka.

Sasampai utusan tersebut kepada Rasulullah S.A.W, beliau memnerikan mangkuk kepadanya untuk diberikan kepada keduanya tadi, seraya memerintahkan agar keduanya memuntahkan isiperut mereka ke dalam mangkuk tersaebut.

Ternyata keduanya memuntahkan darah dan daging segar, sepenuh mangkuk tersebut, sehingga membuat orang-orang yang menyaksikan terheran-heran. Dan Rasulullah S.AW bersabda : “Kedua wanita ini berpuasa terhdap makanan yang dihalalkan Allah, tetapi membatalkan puasanya itu dengan perbuatan yang dihaaramkan oleh-Nya. Mereka duduk bersantai sambil menggunjing orang lain. Maka itulah ‘daging-daging’ ynag dipergunjingkan” (HR Ahmad)

Allah SWT berfirman : “Hai Orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari perasangka, Sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan jangan mencari-cari kesalahan orang lain. Sukakah salah seorang dari kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah maha penerima Taubat lagi maha penyayang” (QS Al-Hujaraat(49):12)

Semoga sahabat-sahabat ku sekalian tidak menggunjingkan orang lain, dan tetap berada dalam rahmat Allah SWT, selamat menjalankan Ibadah Saum pada bulan Ramadhan. Dengan ini saya meminta maaf lahir batin atas semua tulisan, ucapan, yang menyakiti, atau membuat sahabat tersinggung. Karena sesungguhnya semua tulisan ini hanya untuk mengingatkan untuk diri saya agar menjadi manusia yang lebih baik baik dunia dan akhirat.

Dari perunganku, memohon maaf lahir dan batin atas semua khilaf dan salah
Cikarang 07 September 2007
Erwin Arianto
Main yuk ke Http://erwinarianto.blogpsot.com


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting